jejak kaki bapak/ibu*) di ulangan kami
Diposkan oleh rizkidwika


mungkin, bagi semua anak kelas XI ipa sudah tidak asing lagi dengan kata – kata ini.

‘Jika semua peringai buruk dimasukkan kedalam suatu rumah, maka kunci dari rumah itu adalah ketidakjujuran’
‘mencontek dapat menyebabkan kebodohan, hilangnya rasa percaya diri, dan lain lainnya’
bahkan..
‘dilarang menggunakan kalkulator’

tepat. kata – kata sakti diatas selalu ada setiap kita ulangan harian. ketika sedang menulis nama dan kelas, diatas ada tulisan headernya. waktu lagi ngerjain soal, di bawahnya juga ada footernya. bisa dibilang, kertas ulangan itu identik dengan footer deh.

hemat gue, tujuan bapak dan ibu guru membuat footer yang bervariasi itu juga bervariasi (nah loh). menurut pengklasifikasiannya, ada empat tujuan utama seorang guru membuat sebuah footer. (klik kanan pada gambar, view image, untuk memperbesar hehe)


1. sang guru tidak ingin soalnya dibajak orang lain.
banyak guru yang menuliskan namanya sebagai footer. bisa dibilang itu sebagai penggantinya hak cipta. masuk akal lah.

2. untuk menasihati murid – muridnya.
yang kedua, guru menggunakan footer untuk menasihati dan memberikan dukungan moral bagi siswa yang sedang mengerjakan ulangannya agar tidak mencontek kepada temannya.





3. untuk memberikan peringatan
terkadang, sebuah header atau footer bisa dijadikan sebuah ancaman. misalnya, dalam ulangan matematika si guru memberikan footer di kertas ulangannya tulisan seperti ini. ‘dilarang menggunakan kalkulator’. otomatis siswa yang mengikuti ulangan pada waktu itu dilarang menggunakan kalkulator, atau akan terkena sanksi.


4. sebuah kode suku rahasia, atau mantra ?
disini gue boleh sedikit curhat ga ? disuatu ulangan, gue dan kawan kawan mengerjakan ulangan dengan serius dan tegang. kertas lembar, pensil, penghapus, rautan, penggaris, dan kalkulator kita pajang di meja masing masing. gue sendiri walaupun belajarnya setengah mati, ujung ujungnya dapet 50. angka yang hebat bagi ulangan bidang studi eksak itu.


beberapa ulangan kemudian, gue dan yang lainnya menemukan sebuah kejanggalan di kertas ulangan tersebut. kode itu bernama ‘4b*sH!nT4^sSuN^@c!’. kode apaan tuh ? bikin penasaran aja.

gue pribadi berasumsi bahwa kode itu adalah sebuah mantra maha dahsyat yang bisa mengalahkan ‘wingardium leviosa’, dimana ketika sang guru menjentikan jarinya.. satu kelas akan lupa akan rumus yang telah dipelajarinya dalam waktu satu detik.


‘cing gobang gocir, 4b*sH!nT4^sSuN^@c! ! poho rumus siah ! phuah !’

dan.. hingga saat ini,
kode itu telah menjadi legenda anak ipa.
wallahu’alam bisshawab.







Photo

07/01/2010

di 15:59


Label:

0 komentar:

@rizkidwika

fatwa halal

fatwa halal

Universitas Indonesia


jama'ah