Sunda Pisan
Diposkan oleh rizkidwika


Sejak bokap gue ngebeliin angklung, nggak tahu kenapa gue jadi kena virus SUSUNDAAN.
Gejalanya :
demen main angklung,
doyan lagu sunda,
nyanyi manuk dadali setiap saat,
dan tergila - gila kalimat 'abushintaasSUNDAci'
Sampe - sampe gue bisa mainin beberapa lagu seperti Rasa Sayange, Soleram, dan yang paling keren.. Umbrella-nya rihanna. Kok bisa gue belajar secepet itu ? Yaiyalah, kan kalau segala sesuatu diawali dengan rasa antusiasme yang tinggi.. pasti kelihatan hasilnya :)
Awalnya gue cuma kagum sama alat musik ANGKLUNG. Apalagi waktu nonton video di youtube, orang malaysia main angklung lagu umbrella. Speechless, antara kagum dan sedih. Gue sendiri prefer ke angklung daripada gamelan - gamelan, walau gue orang Jawa. Kenapa ? Karena angklung itu merdu banget. Apalagi gue hidup di Bekasi yang masih masuk wilayah Jawa Barat. Tapi sayangnya, itu cuma teori. Di Bekasi yang katanya masih masuk wilayah Jawa Barat nggak ada angklung. Nggak ada ini, itu dan kebudayaan Sunda-nya sendiri. Dari SD sampai SMP, yang dipelajarin di sekolah suling lagi, pianika lagi, suling lagi, pianika lagi. Gue pribadi lebih setuju Bekasi masuk ke dalam Administratif DKI Jakarta aja deh.

***
Saking cintanya sama angklung, gue bahkan berniat untuk berkhianat dari BIRU yang selama ini udah membesarkan gue, dan membuat ekskul angklung bernama TALAK OPAT. Komunitas Angklung SMAN opat. Nggak kebayang deh, pasti keren banget jatohnya. Dan, kenapa harus dinamakan talak opat ?
Begini ceritanya..
Selain sukses ng-angklung ria, gue juga jadi suka nyanyi lagu TALAK TILU. Tahu kan ? Lagu itu jadi topchart di kalangan anak IPA sekarang loh, nggak kenal maka nggak gahul. Lagu yang menceritakan tentang perceraian itu sejujurnya berisikan tentang lagu sedih, tapi nadanya nggak pas sama kandungan lagu itu. Alhasil, lagunya jadi menarik untuk di dengerin.
Liriknya kurang lebih gini..
Nyeri-nyeri moal benang di ubaran
Kajen tutumpuran paeh ge teu panasaran
Mempeng ngora keneh
Mempeng urang can batian
Pek geura serahkeun

Talak tilu sakalian
*dan gue pribadi sukses ngakak denger lagu Talak Tilu versi rock yang dibawakan oleh Sule.

***

dan, nggak cuma dalam segi musik.. gue juga lagi demen banget sama motif batik dari Sunda yaitu mega mendung. (berikut gue kasih photonya) Batiknya itu asli keren banget, kaya awan - awan.. Jadi pengen kuliah di Bandung..
pokoknya mah SUNDA PISAAN !

Photo

20/02/2010

di 19:03


Label:

0 komentar:

@rizkidwika

fatwa halal

fatwa halal

Universitas Indonesia


jama'ah