Rute Lima: Season Final
Diposkan oleh rizkidwika

17 Januari 2011
Rute Lima, Hari Terakhir

Sore yang lumayan cerah. Dari belakang pabrik Aqua, gue meneruskan perjalanan menuju rute akhir, Kanal Banjir Timur. Gue memacu motor dengan kecepatan sedang sambil menikmati ‘wangi angin’ sepanjang bantaran kali.

Gue melewati kolong jembatan perumahan Kota Harapan Indah, Bekasi. Ternyata, tepat di bawah gerbang masuk perumahan yang katanya elite dan tertata rapi ini terdapat kali yang alirannya terhambat oleh tumpukan sampah. Bisa dilihat sendiri, sampah dan rumput-rumput yang tumbuh memberi aksen tumbuh daratan baru di tengah aliran kali.

Gue meneruskan perjalanan, melewati jalan tikus yang berlubang dan pemukiman warga. Gue berada di dekat perbatasan DKI Jakarta dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat), sekitar dua puluh meter arah barat dari klong jembatan Perumahan Kota Harapan Indah.

Sekarang gue udah berada di wilayah DKI Jakarta, dan kondisi aliran kali masih buruk, malah lebih buruk dari wilayah Bekasi. Kalau di Bekasi alirannya masih coklat-coklat gimana gitu, di Jakarta warnanya udah berubah jadi pure item legam. Sampah juga masih terlihat mengambang di kali-kali. Parah deh.


Tak lama kemudian, sampailah gue di Kanal Banjir Timur. Akhirnya! Rasanya seperti seorang survival yang menyusuri kali dari hulu sampai akhirnya bertemu pantai. Lega banget dah.


***

Semoga dengan berakhirnya petualangan individual bernama Ekspedisi Biru dalam rangka Kompetisi Web Kompas Muda dan Aqua: Air untuk Masa Depan ini, gue dan pembaca blog (itu pun kalo ada yang baca) bisa mengambil poin-poin penting, yaitu:

PERTAMA, air adalah substansi paling vital dan nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mau mandi, minum, makan, nyuci baju, nyuci piring, nyuci motor, nyiram tanaman, semuanya butuh air, jack! Tubuh kita pun sebagian besarnya terdiri dari air.

KEDUA
, mari rame-rame kita jaga lingkungan dan kelestarian air! Kalau sumber air bersih udah pada terkontaminasi dan suatu hari nanti air bersih bener-bener habis, nggak menutup kemungkinan kalo nanti cerita tentang adanya air bersih bakal jadi mitos yang melegenda, loh! (halah)


KETIGA, mari sama-sama kita bekerja sama, introspeksi diri, menjaga lingkungan dan kebersihan, khususnya yang berkaitan dengan hidrologi demi masa depan yang lebih baik. It’s About Us, guys! Air untuk Masa Depan!

Photo

22/01/2011

di 16:09


Label:

0 komentar:

@rizkidwika

fatwa halal

fatwa halal

Universitas Indonesia


jama'ah