Rute Tiga: Kali dan Ekonomi
Diposkan oleh rizkidwika

4 Desember 2010
Rute Tiga, Hari Ketiga

Sebelumnya, SELAMAT TAHUN BARU TEMAN-TEMAN!
Masih dalam suasana liburan, namun gue harus tetap jalan-jalan lagi, menyusuri kehidupan di sekitar rute tiga Ekspedisi BIRU it’s about us: air untuk masa depan dalam rangka mengikuti kompetisi web Kompas MuDA dan Aqua 2011. Here we go!


Dari sekian rute, yang gue paling suka adalah rute tiga ini. Rute tiga merupakan kawasan yang paling rame dan paling agak terawat dibanding dengan yang lain, karena rute tiga terletak di pintu gerbang dua perumahan besar, yaitu Perumahaan Titian dan Perumahan Harapan Jaya, tempat dimana SMA Negeri 4 Bekasi berada.

Rute tiga ini telah mengalami renovasi oleh Pemkot Bekasi beberapa bulan yang lalu. Bantaran kali dikeruk dan beberapa gubuk-gubuk toko dihancurkan yang bertujuan untuk menampung air dari saluran-saluran perumahan di sekitarnya. Menurut papan proyek yang ditempelkan di pinggir kali itu, proyek ini menelan dana 1 miliar rupiah dari dana APBD, wow!


Namun dana yang sekian besar itu nampaknya belum menjamin bahwa proyek renovasi bantaran kali akan berjalan maksimal. Sepuluh meter dari kawasan yang pinggirnya sudah dibeton, masih terdapat toko-toko semi permanen yang berdiri tegak di bantaran kali.

Memang, apabila kita jalan-jalan ke kawasan ini mulai dari sore hingga malam, daerah bantaran kali ini seketika akan berubah menjadi pasar malam harian. Berbagai toko yang menjual makanan seperti gorengan, nasi uduk, dan toko buah berjajar sepanjang dua puluh meter menunggu pembelinya. Toko-toko yang berdiri di pinggir kali ini tentu saja mempersempit aliran kali. Akibatnya, kali-kali tersumbat, dan apabila warung makanan tadi membuang air cuci piringnya langsung ke kali, akan timbul lagi banyaaaaak eceng gondok. Akibatnya, pendangkalan lagi.



Jadi, mengingat pentingnya fungsi aliran kali ini, mari kita tingkatkan kesadaran kita terhadap penjagaan dan pemeliharaan daerah bantaran kali, dan gue sebagai anak muda di kawasan Bekasi juga menghimbau kepada Pemkot Bekasi agar memberi perhatian lebih terhadap kali-kali irigasi seperti di kawasan ini. Terima kasih. AIR UNTUK MASA DEPAN!

Photo

04/01/2011

di 13:09


Label:

3 komentar:

Afkar

5 January 2011 at 10:44
Permalink this comment

said...

buat lomba lagi ya?

8 January 2011 at 17:08
Permalink this comment

said...

iyaaw kar :)

said...


ALAT TANAM BENIH JAGUNG DENGAN TUAS PENGUNGKIT DAN MEKANIK PEMBUAT LUBANG
http://rindra.blog.dinus.ac.id/2016/09/01/alat-tanam-benih-jagung-dengan-tuas-pengungkit-dan-mekanik-pembuat-lubang/

@rizkidwika

fatwa halal

fatwa halal

Universitas Indonesia


jama'ah